Wednesday, December 01, 2010

Kecerdasaan Buatan dengan menggunakan 3DS MAX

  MODELING KAKI CARTOON MENGGUNAKAN 3DS MAX

A.  - Sejarah 3DS MAXX
3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh AutoDesk Media & Entertaiment(dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akusisi terkahir AutoDesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max AutoDesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah di umukan oleh Discreet di Siggraph 2005.
B. - Pembuatan Modeling Kaki Cartoon
Cara membuat modeling character 3d (3d character modeling) dengan focus  pembuatana kaki cartoon. Kita akan membuatnya dengan teknik Poygonal Modeling, yaitu membuat objek baru (berupa character modeling) dengan menggunakan objek dasar sebuah bentuk Box (kotak). Prinsipnya sama seperti memahat sebuah patung dari sebuah batu atau dari bahan sebuah sabun cuci misalnya. Atau seperti membentuk sebuah objek baru dari bahan seonggok tanah liat. Bedanya, disini kita membuatnya secara digital. Dalam proses ini dibutuhkan latihan yang rajin, terus-menerus, trial & error serta tekun dan gigih untuk mendapatkan “sense” dan “feeling” terhadap komposisi bentuk yang diinginkan nantinya.
Langkah – Langkahnya:

1. Buat sebuah Box dengan komposisi seperti tampak pada gambar dibawah.

2. Pada Tab Modify, atur dengan parameter seperti pada gambar


3. Masih di Tab Modify, klik objek Box tersebut lalu klik kanan mouse dan pilih Editable Poly.

4. Buka tanda plus berwarna hitam disebelah tulisan Editable Poly


5. Pilih Viewport Front (atau Viewport pada tampilan layer computer Anda yang menampilkan posisi objek seperti tampak pada gambar dibawah). Ubah posisi Vertex-vertex-nya seperti tampak pada gambar dibawah ini.


6. Atur juga posisi Vertex-vertex yang lainnya seperti gambar dibawah


6. Pilih opsi Edge


8. Pilih garis dibagian tengah, seperti yang terlihat pada gambar dibawah


9. Klik kotak kecil disamping tombol Connect


10. Biarkan pilihan pada angka 1 dan klik tombol OK


11. Akan terbuat sebuah garis baru (seperti tampak pada gambar).


12. Pilih opsi Vertex dan atur objek Box menjadi seperti tampak pada gambar.


13. Pilih garis-garis seperti terlihat pada gambar


14. Lakukan pilihan Connect kembali dengan nilai 1


15. Atur Vertex-vertex Box menjadi seperti berikut


16. Buat kembali garis baru dengan posisi seperti terlihat pada gambar


17. Pilih Vertex-vertex seperti tampak pada gambar


18. Klik tombol Select and Scale


19. Geser sehingga bentuknya menjadi seperti berikut

20. Atur bentuk objek seperti tampak pada gambar

21. Atur kembali posisi Vertex-vertex-nya sehingga menjadi seperti terlihat pada gambar


22. Diperlukan kreasi dan “feeling” Anda terhadap komposisi bentuk untuk mendapat hasil akhir sebuah bentuk yang tampak ideal. Anda perlu melakukan proses latihan yang terus menerus untuk mendapatkan “feeling” dan “sense” yang tepat bagi Anda


23. Setelah diutak-atik Vertex-vertex-nya kesana kemari (tweaking), dihasilkan sebuah bentuk seperti pada gambar berikut


24. Tambahkan Modifier Meshsmooth pada objek Box tersebut. Berikan nilai 2


25. Tambahkan dengan pencahayaan Skylight & Light Tracer, lalu lakukan Render. Selamat Berlatih


SELAMAT MENCOBA ^^

No comments:

Post a Comment