A. Sejarah BLENDER
Blender adalah aplikasi grafis 3D gratis yang dapat digunakan untuk pemodelan, membuka bungkusan UV, texturing, rigging, air dan simulasi asap, menguliti, animasi, rendering, partikel dan simulasi lainnya, non-linear editing, compositing, dan membuat aplikasi 3D interaktif, termasuk video game, film animasi, atau efek visual.
fitur Blender meliputi alat simulasi canggih seperti kaku, realistis, kain cairan tubuh, dan dinamika softbody, alat pemodelan pengubah-based, alat karakter animasi yang kuat, bahan node dan sistem berbasis compositing dan Python untuk scripting tertanam.
Dirilis sebagai perangkat lunak bebas di bawah GNU General Public License, Blender tersedia untuk sejumlah sistem operasi, termasuk GNU / Linux, Mac OS X, dan Microsoft Windows.
Blender dikembangkan sebagai sebuah aplikasi in-house oleh studio animasi NeoGeo Belanda dan Bukan Technologies Number (NaN). Hal ini terutama ditulis oleh Ton Roosendaal, yang sebelumnya menulis sebuah pelacak sinar disebut Jejak untuk Amiga pada tahun 1989.Nama "Blender" terinspirasi oleh lagu dengan Yello, dari album Baby.
Roosendaal NaN didirikan pada bulan Juni 1998 untuk mengembangkan dan mendistribusikan program. Program ini awalnya didistribusikan sebagai shareware sampai NaN bangkrut pada tahun 2002.
Para kreditur setuju untuk melepaskan Blender dibawah ketentuan dari GNU General Public License, untuk pembayaran satu kali sebesar € 100.000 (US $ 100.670 pada saat itu). Pada tanggal 18 Juli 2002, kampanye pendanaan Blender dimulai oleh Roosendaal dalam rangka untuk mengumpulkan sumbangan dan pada tanggal 7 September 2002 diumumkan bahwa dana yang cukup telah dikumpulkan dan bahwa kode sumber Blender akan dibebaskan. Blender sekarang Free Software dan sedang aktif dikembangkan di bawah pengawasan Yayasan Blender.
Yayasan Blender awalnya berhak untuk menggunakan lisensi ganda, sehingga, selain GNU GPL, Blender akan telah tersedia juga di bawah "Blender Lisensi", yang tidak memerlukan kode sumber mengungkapkan tetapi pembayaran yang diperlukan untuk Yayasan Blender. Namun, pilihan ini tidak pernah dilaksanakan dan dihentikan tanpa batas pada tahun 2005. Saat ini, Blender adalah semata-mata tersedia sesuai dengan GNU GPL
fitur Blender meliputi alat simulasi canggih seperti kaku, realistis, kain cairan tubuh, dan dinamika softbody, alat pemodelan pengubah-based, alat karakter animasi yang kuat, bahan node dan sistem berbasis compositing dan Python untuk scripting tertanam.
Dirilis sebagai perangkat lunak bebas di bawah GNU General Public License, Blender tersedia untuk sejumlah sistem operasi, termasuk GNU / Linux, Mac OS X, dan Microsoft Windows.
Blender dikembangkan sebagai sebuah aplikasi in-house oleh studio animasi NeoGeo Belanda dan Bukan Technologies Number (NaN). Hal ini terutama ditulis oleh Ton Roosendaal, yang sebelumnya menulis sebuah pelacak sinar disebut Jejak untuk Amiga pada tahun 1989.Nama "Blender" terinspirasi oleh lagu dengan Yello, dari album Baby.
Roosendaal NaN didirikan pada bulan Juni 1998 untuk mengembangkan dan mendistribusikan program. Program ini awalnya didistribusikan sebagai shareware sampai NaN bangkrut pada tahun 2002.
Para kreditur setuju untuk melepaskan Blender dibawah ketentuan dari GNU General Public License, untuk pembayaran satu kali sebesar € 100.000 (US $ 100.670 pada saat itu). Pada tanggal 18 Juli 2002, kampanye pendanaan Blender dimulai oleh Roosendaal dalam rangka untuk mengumpulkan sumbangan dan pada tanggal 7 September 2002 diumumkan bahwa dana yang cukup telah dikumpulkan dan bahwa kode sumber Blender akan dibebaskan. Blender sekarang Free Software dan sedang aktif dikembangkan di bawah pengawasan Yayasan Blender.
Yayasan Blender awalnya berhak untuk menggunakan lisensi ganda, sehingga, selain GNU GPL, Blender akan telah tersedia juga di bawah "Blender Lisensi", yang tidak memerlukan kode sumber mengungkapkan tetapi pembayaran yang diperlukan untuk Yayasan Blender. Namun, pilihan ini tidak pernah dilaksanakan dan dihentikan tanpa batas pada tahun 2005. Saat ini, Blender adalah semata-mata tersedia sesuai dengan GNU GPL
B. Alur
Alur cerita animasi yang kami buat adalah :
- Bola datang dari luar kamera
- Pemukul baseball bergerak memukul bola yang datang.
- Hal ini dilakukan sampai tiga buah bola dengan masing masing setiap bola berbeda arah sampai bola terakhir yang tidak kena pukulan.
C. Pembuatan Permainan BaseBall
- Install software BLENDER terlebih dahulu.
- Setelah instalasi selesai, silahkan buka program blender tersebut.
- Ketika membuka blender silahkan edit Workspace sesuai dengan keinginan, workspace yang kami gunakan sperti gambar dibawah ini.
Gambar 1 Tampilan Awal Blender
4. 4. Selanjutnya membuat objek lingkaran, dengan mengunakan menu ADD ==> MESH ==> CIRCLE
Gambar 2 Membuat Objek Lingkaran
5. 5. Masuk ke edit mode dengan menahan klik kanan, lalu pilih EDIT ==> ENTER EDIT
Gambar 3 Edit Mode
- Tekan E pada keyboard lalu pilih ONLY EDGES lalu perpanjang objek dengan cara menggeser mouse , kemudian klik kiri pada mouse
Gambar 4 Extrude Objek
- Lakukan Extrude sekali lagi kemudian tekan S dan bentuk sesuai keinginan . Lalu lakukan EXTRUDE dan SIZE hingga objek berbentuk pemukul bola.
Gambar 5 EXTRUDE DAN SIZE
- Tekan TAB untuk keluar dari EDIT MODE , pastikan objek telah berbentuk sesuai dengan keinginan.
Gambar 6 Objek selesai dibentuk
9. Tambahkan Bola dengan memilih pada menu ADD ==> MESH ==> UVSphere, tambahkan hingga berjumlah 3 bola.
Gambar 7 Pembuatan Bola
- Masuk ke IPOCurve dengan mengklik Display Current Windows Type, pilih IPOCurve Editor (Seperti pada gambar dibawah.
Gambar 8 IPOCurve Editor Mode
- Klik kanan objek bola lalu tekan I dan pilih LOC , klik kanan objek pemukul bola, kemudian tekan I dan pilih LocRot, lakukan hal yang sama pada semua objek termasuk kamera.
Gambar 9 Pergerakan Objek Awal
- Ganti TIME menjadi sesuai yang diinginkan, lalu gerakan objek dan kemudian tekan I kemudian pilih Loc untuk bola sedangkan untuk pemukul pilih LocRot
Gambar 10 Pergerakan Objek Akhir
13. Masuk ke Window Timeline , caranya sama seperti IPOCurve tetapi yang di pilih adalah Timeline
Gambar 11 Timeline Mode
- Lakukan pemotongan video dengan cara, mengganti nilai End menjadi sesuai keinginan. Tekan Alt+A untuk mencoba (play) animasi yang telah dibuat, lalu tekan Esc untuk menghentikannya
Gambar 12 View Animasi
- Untuk pemberian texture klik Shading Button pada menu bawah atau tekan F5, lalu ganti texture tipe menjadi image. Lakukan load gambar pada menu image.
Gambar 13 Pemberian Texture
- Masuk ke rendering, dengan cara klik Render ==> Render Setting
Gambar 14 Rendering Setting
17. Ganti format Output yang default JPEG menjadi AVI Codec, apabila ingin melakukan perubahan Frame Rate (kecepatan animasi per detik) , ganti nilai Fps menjadi sesuai keinginan (semakin kecil maka akan semakin lambat).
Gambar 15 Pergantian Output dan Setting Kecepatan Animasi
- Lakukan render dengan mengklik Render ==> Render Animation (Ctrl+F12) , tunggu hingga rendering selesai (semakin lama durasi semakin lama rendering)
Gambar 16 Rendering Animasi
- Setelah selesai secara default file hasil Rendering dengan Extention yang telah di tentukan (AVI) akan terbentuk pada directory C://tmp Gambar 17 Directory File Output
Gambar 17 Output file directory
20. Finish.
20. Finish.
SELAMAT MENCOBA ^^
No comments:
Post a Comment